Home » Berita

Uposathagara di Malang Segera Dikukuhkan

1 November 1997 No Comment

Satu lagi catatan sejarah akan ditorehkan. Pada 28 November 1997 akan dilaksanakan pengukuhan Uposathagara dan Baddha Sima, yang bertempat di kompleks Padepokan Dhammadipa Arama, Batu, Malang, Jawa Timur.

Untuk diketahui, Uposathagara merupakan gedung khusus untuk melaksanakan kegiatan ritual Bhikkhu Sangha yang bersifat khusus. Misalnya, upacara Patimokkha, Upasampada (pentahbisan) bhikkhu, dan upacara sidang-sidang Sangha. Untuk Indonesia baru terdapat dua buah dengan ini. Uposathagara yang pertama telah berdiri di Vihara Jakarta Dhammacakka Jaya, Jakarta pada tahun 1985.

Sebuah Uposathagara ditandai dengan delapan tonggak batu atau tanda-tanda lainnya yang menjadi batas-batas Uposathagara. Sehingga jika ditarik garis diagonal satu sama lain akan membentuk titik temu di pusat atau tengah-tengah gedung tersebut. Dengan demikian jumlah tanda / batu tersebut menjadi sembilan buah. Batu – batu atau tanda – tanda lain sejenis untuk membatasi Uposathagara inilah yang disebut Baddha Sima.

Baddha Sima tadi ditanam dibawah gedung Uposatha. Sehingga seandainya 200 – 500 tahun mendatang, ketika Uposathagara hancur, maka generasi mendatang masih akan dapat mengetahui berdasarkan letak Baddha Sima bahwa di tempat itu pernah berdiri sebuah Uposathagara yang tetap sah sesuai Vinaya untuk upacara kebhikkhuan.

Sebuah Uposathagara menjadi sah hanya jika upacara pengukuhannya dilaksanakan minimal 20 orang bhikkhu yang memiliki pengalaman yang bisa diandalkan dalam upacara serupa. Meski sudah beranggotakan lebih dari 20 orang bhikkhu, tetapi Sangha Theravada Indonesia (STI) merasa kurang cukup dalam hal itu. Oleh karenanya, sejumlah bhikkhu luar negeri yang memenuhi kriteria tersebut diundang. Kabar terakhir, tidak kurang dari 30 orang bhikkhu senior asal Thailand memastikan diri untuk hadir.

Acara akan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB sampai 11.00 WIB. Sebelumnya, pada 25 -26 November 1997 akan diadakan Penguncuran Paritta Pencabutan Sima yang diikuti oleh seluruh bhikkhu anggota STI dan bhikkhu luar negeri.

Oh ya, alamat lengkap Padepokan Dhammadipa Arama adalah jalan Mojorejo 44, Kotak Pos 39, Batu – 65322, Malang, Jawa Timur, Indonesia. Teleponnya (62-341) 594781.

Comments are closed.