Home » Berita

Persiapan Peringatan Nasional Waisak 2542/1998

13 April 1998 No Comment

Tahun ini, untuk wilayah Indonesia dan sekitarnya, Hari Tri Suci Waisak 2542 jatuh pada 11 Mei 1998 pukul 21.29 WIB. Seperti tahun-tahun sebelumnya, peringatan nasional Hari Tri Suci Waisak 2542 akan dipusatkan di pelataran Candi Borubudur, Jawa Tengah. Sejumlah rangkaian kegiatan acara pun sedang dipersiapkan.

Direncanakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Tri Suci Waisak 2542 akan diawali dengan pembagian sembako (sembilan bahan pokok) untuk rakyat yang kurang mampu secara serentak di setiap vihara pada 2 Mei 1998. Keesokan harinya dilanjutkan dengan Bakti Sosial di Taman Makam Pahlawan yang terletak di Daerah Tingkat II.

Pidato Menteri Agama Prof. Dr. H. Mohammad Quraisy Shihab, MA sehubungan dengan hari raya Waisak 2542/1998 akan disiarkan oleh TVRI setelah Berita pukul 19.00 WIB pada 10 Mei 1998. Keesokan paginya, TVRI akan menayangkan acara Kesan Bergema (Waisak). Direncanakan juga dalam acara itu ada Talk Show bersama Sangha Theravada Indonesia, Sangha Mahayana Indonesia, Sangha Tantrayana Indonesia, Ketua DPP WALUBI, dan Direktur Urusan Agama Buddha.

Seperti tahun-tahun sebelumnya untuk air Waisak yang akan dibagikan kepada umat diambil dari Umbul Jumprit pada 7 Mei 1998. Sementara pengambilan Api Dhamma dari Mrapen, Grobogan dilakukan sehari sebelum hari H. Pada Senin, 11 Mei 1998 acara dimulai dengan prosesi Waisak dari Candi Mendut kemudian menyinggahi Candi Pawon sebelum memasuki pelataran barat Candi Borobudur.

Puja Bhakti Waisak Nasional kali ini direncanakan akan dihadiri oleh menteri agama bersama rombongan. Menteri agama akan membacakan pidatonya sebelum acara Puja Bhakti.

Melihat susunan acara Puja Bhakti Nasional yang diketuai (pusat) oleh Bapak Siwi Honoris kali ini, dapat dipastikan akan berlangsung lebih sederhana dibanding tahun-tahun sebelumnya, terutama tahun 1996. Penyederhanaan itu rasanya bisa dimaklumi, apalagi jika dikaitkan dengan situasi keuangan saat ini. Semoga hal itu tidak mengurangi sedikitpun kekhusukan peringatan hari raya nasional umat Buddha tahun ini.

Comments are closed.