Home » Berita

Peringatan Hari Asadha 2542 di Semarang

18 July 1998 No Comment

Pada 8 Juli 1998 di Vihara Tanah Putih, Semarang, umat Buddha asal Semarang dan sekitarnya mengadakan Puja PURNAMA ASADHA 2542. Acara yang bertujuan untuk memperingati Hari Asadha 2542 itu berkenan dihadiri oleh Y.M Khemasarano Mahathera. Tampak hadir juga para anggota perwakilan berbagai organisasi Buddhis, termasuk Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (Magabudhi) PC. Semarang yang dipimpin langsung oleh ketuanya, Pandita D. Henry Basuki.

Acara diawali dengan permohonan sila kepada Y.M Khemasarano Mahathera dan dilanjutkan dengan pembacaan Paritta-Paritta suci. Selain itu juga diadakan upacara visudhi upasaka-upasika.

Sebelumnya, umat Buddha yang hadir mendengarkan sambutan yang disampaikan oleh Pandita D. Henry Basuki, ketua Magabudhi PC. Semarang. Dalam sambutannya, Bapak Henry mengatakan hendaknya umat Buddha melalui momen peringatan Hari Suci Asadha kali ini dapat lebih meningkatkan keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta meningkatkan perilaku (hidup ber)agama yang sasarannya untuk menanggulangi berbagai krisis yang sedang dihadapi bangsa dan negara.

Disampaikan juga agar umat Buddha dalam menghadapi situasi krisis pada masa ini yang tengah melanda Indonesia dapat mengambil suri tauladan pada kesederhanaan Sang Buddha. Menurutnya, kehidupan yang terencana serta penuh kesederhanaan dengan dilandasi keluhuran batin akan sangat membantu menghadapi situasi dengan sebaik-baiknya. (Laporan: W. Agus Riyanto, Semarang / Magabudhi PC Semarang).

Comments are closed.